Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Defrag Windows 10

Selasa, 19 Juni 2018 | Juni 19, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-06-27T07:26:04Z
Sobat pembaca, kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang cara defrag windows 10. Defragmenter sendiri mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk, karena defragmenter mampu men fix kan (memperbaiki) boot sector dalam hardisk maupun error program. Sehingga windows yang kita pakai menjadi lebih baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yang berguna dalam menjaga hardware. Karena windows tidak dapat membenahi kembali file-file secara automatik (tanpan bantuan defragmeter) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka.


Defragmenter merupakan salah satu tools bawaan windows, sobat dapat menggunakannya untuk mengatur file-file pada hardisk. Dengan berjalannya waktu dan seringnya komputer yang kita pakai, biasanya file-file di hardisk tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering install program yang tidak serlalu digunakan, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), copy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktivitas managemen file lain.

Baca juga :

Jadi pengertian Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem oprasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yang diperbaharui atau yang telah di install baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Jika sobat membuka file apa pun itu maka secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau bagian partisi dalam hardisk.

Setelah tahu kegunaan defragmenter, pastinya sobat ingin mencobanya untuk windows PC/Laptop yang sobat gunakan. Untuk langkah-langkah cara defrag windows 10 adalah sebagai berikut.

                                                   CARA DEFRAG WINDOWS 10

1. Buka Explore. Klik kanan Local Disk C (partisi system), kemudian pilih Properties.



2. Selanjutnya pada tab pilih Tools, kemudian pilih Optimize pada kotak Optimize and defragment drive.


3. Setelah jendela Optimize Drives terbuka. Klik Analyze untuk menganalisa seberapa besar fragment yang dihasilkan, karena semakin besarnya fragment yang dihasilkan maka hasilnya semakin optimal.


4. Proses Analyze pun berlangsung, tunggu hingga proses selesai.


5. Setelah proses Analyze selesai, klik Optimize untuk memulai proses defragment.


6. Proses defragment pun berjalan, tunggu beberapa menit hingga proses selesai. Jika proses selesai sobat dapat menutupnya dengan klik Stop atau Close.


Selesai, itulah tadi cara defrag windows 10. Semoga bermanfaat, selamat mencoba ya sob..
Salam Blogger.
×
Berita Terbaru Update