Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perkenalan Dulu Sama Rumus Sekaligus Teknik Breeding Ikan Cupang Yang Lengkap Cocok Untuk Pemula

Senin, 25 Januari 2021 | Januari 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-01-25T12:17:41Z

Biasanya klo master” cupang diluar sana menyebutnya dengan istilah Inbreed, Linebreed dan Crossbreed. Kita belajar pelan” tapi santuy ya om, pertama pembahasan kita dari mengenal istilah tersebut :




Inbreed 

Biasanya dikenal sebagai satu keturunan yang kita kawinkan ulang ilustarinya begini om Indukan awal kita sebut P1 Jantan dan P2 Betina jika mereka dikawinkan itu kita akan menghasilkan yang namanya F1 Jantan dan F1 Betina kemudian jika kita teruskan breeding hasil turunan F1 Jantan tadi dengan F1 Betina maka hasilnya akan F2 Jantan dan Betina dan seterusnya sampai F4 mentok bias kita breed jangan sampai breed F4 Jantan dengan F4 Betina takutnya hasilnya gak maksimal biasanya timbul cacat dan sebagainya om, jadi lebih baik breeding mulai dari F1,F2,F3 dan s/d F4 saja dan hindari proses breeding F5, F6 seterusnya. Boleh saja kita breeding F4 tetapi sarannya disilang dengan F2/3 begitu seterusnya, semoga sampai sini paham ya om nanti tak buatkan diagram biar ada gambarannya.

 


Follow IG Kita @pelagifish.id

Dari sini kita simpulkan ya om tentang inbreed kelebihannya dan kekurangannya

Kelebihan :

a)      Untuk memperkuat keturunan genetic warna

b)      Banyak sekali jadi dan kita juga sudah membuktikan hasil tersebut, jika omnya mau membuat cirikhas di tempat om wajib menggunakan teknik ini biar terlihat ciri genetiknya dari siapa.

Kekurangan :

a)      Jika om melebihi masa breeding sampai dengan F5, F6 dan seterusnya sangat amat beresiko, bias jadi anakan akan tidak menimbulkan warna atau biasa kita sebut dengan cello atau juga besgel om, dan yang parah lagi anakan selanjutnya bias cacat dan rentan dengan penyakit.


LineBreed

Kita lanjut ke istilah Linebreed ya om sebenernya sudah kita cuplikan di keterangan diatas tapi kita hajar terangin lagi biar paham, lanjoot. Jadi inbreed biasa kita sebut dengan perkawinan tidak terlalu jauh dari aliran darah indukan sebelumnya misalnya kakek kita silang dengan cucu berikut contoh nya :

P1 indukan jantan dan P2 indukan betina menghasilkan anak yang namanya F1 kemudian F1 Jantan<>Betina menghasilkan F2 nah F2 inilah yang kita silang dengan P1/P2 istilah ini kita sebut dengan Backcroos om. Semoga paham dan nambah ilmu kita ya om berkah untuk kedepannya amin lanjoot



 Follow IG Kita @pelagifish.id

 Crossbreed

Kalau yang satu ini gak pusing memahaminya om, jadi istilah dari crossbreed itu kita kawin silang indukan kita sendiri dengan indukan oranglain yang jauh disana atau tidak ada sama sekali hubungan darah atau keturunan terkadang ada juga yang menyebutnya outbreed om ilustrasinya P1 Jantan Kita dikawinkan dengan P2 Betinan dari luar.

Follow IG Kita @pelagifish.id

Semoga ini semua bias bermanfaat untuk kita semua salam percupangan Indonesia salam sukses semua jangan patah semangat, luangkan waktu sepenuh hati biar hasil tidak mengecewakan terimakasih semuanya jangan lupa share ya om bye bye.

Tunggu penjelasan selanjutnya tentang breeding !!!


×
Berita Terbaru Update