Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

LANGKAH PERSIAPAN BREEDING IKAN CUPANG GIANT DLL.

Rabu, 27 Januari 2021 | Januari 27, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-01-27T12:17:53Z
Halo om sekarang kita belajar breeding, nah untuk breeding kali ini yaitu breeding ikan cupang Giant atau biasa disebut cupang jumbo. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas Perkenalan Genetik untuk persiapan breeding jadi kita lanjut saja di pembahasan ini.

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu perlu persiapan tempat air dll. Oleh karena itu adapun yang harus di persiapkan adalah :

1. Tempat 
Pada poin ini sangat amat berpengaruh untuk ikan Giant yang akan kita breeding karena ikan yang kita breeding berukuran yang besar jadi diperlukan tempat yang besar pula, menurut pengalaman yang telah kita lakukan selama ini kita adalah tempat berupa Bak Karet Hitam yang kisaran ukurannya berdiameter 50cm berikut gambar acuannya.

2. Air
Berikut ini kita lebih berhati-hati karena hal ini sangat berbahaya buat burayak jika kita asal-asalan menggunakan air tanpa diendapkan. Untuk bagian air siapkan air setinggi 5-10cm jangan lebih dari itu, air yang dimasukkan lebih baik air sumur jangan air PDAM, lalu endapkan air sumur setidaknya 24jam / lebih baik 2 hari. 

3. Ketapang
Daun ketapang merupakan hal yang wajib digunakan untuk para breeder sebab daun ketapang sangat perpengaruh untuk menetralisir PH air agar tidak terlalu tinggi ataupun rendah, dalam hal ini taruh daun ketapang pada endapan air. Jika air berubah menjadi kuning abaikan saja.

4. Indukan Cupang Giant Top Grade 
Memilih indukan jangan asal-asalan sebab berpengaruh nantinya buat burayak jadi alangkah baiknya indukan yang kita breeding harus sesuai dengan keturunan yang Top markotop atau terbaik. Setelah indukan siap masukkan indukan Jantan kedalam Bak kemudian indukan betina juga dimasukkan tetapi dipisah atau masih dalam botol / soliter transparan agar, sistem ini memperkuat daya gairah pada kedua ikan tersebut agar sama sama birahi, ciri-ciri ikan birahi saat disatukan jantan dan betina namun dalam keadaan tersekat si jantan akan membuat buih atau busa yang banyak. Dalam proses ini tunggu 12-24jam sebelum benar benar menggabungkan ikan jantan dan betina.

5. Bertelur dan Pemisahan betina
Setelah proses penggabungan jantan dan betina maka di pantau terus selama 1-3hari kedepan, ciri-ciri ikan sudah bertelur yaitu terdapat gelembung terisi bintik putih kental.
Jika sudah ada kemudian biarkan saja terlebih dahulu sampai betina minggir alias menjauh dari si jantan, itu adalah ciri" proses kawin mereka susah kelar lalu angkat betinanya dan biarkan jantannya untuk menunggu telur sampai telur tersebut menetas. Setelah tunggu sampai 1-2 hari biasanya telur menetas dan tunggu lagi sampai  1minggu terhitung sejak burayak menetas sampai anak benar benar bisa berenang. Kemudian kita lanjut ke proses pendadaran yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.
Dari poin - poin diatas semua keberhasilan dan hasil akhir yang akan kita dapat yaitu tergantung pada proses dan yang menentukan semuanya adalah Allah SWT.

Okelah kalau begitu itulah tadi pembahasan proses breeding ikan cupang giant atau sama halnya ikan cupang lainnya prosesnya hampir sama dan jika dilakukan prosesnya seperti ikan giant juga tidak ada masalah. Semoga pembahasan ini bermanfaat salam percupangan indonesia, jangan lupa dishare untuk yang lain. Bye bye om tante 
×
Berita Terbaru Update