Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Optimasi Blog di Google Webmaster Tools

Minggu, 12 Agustus 2018 | Agustus 12, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-11-17T16:19:19Z
Dengan mengoptimalkan kinerja blog di google webmaster tools menurut saya sangatlah penting untuk dilakukan, karena dengan kita mengoptimalkan kinerjanya dapat meningkatkan trafik blog/website dengan cepat. Disini saya akan jelaskan cara mengoptimalkan blog dengan google webmaster tools, google webmaster tools merupakan  sebuah tools yang dirancang oleh google untuk mengoptimalkan  ranking blog/website di mesin pencari (search engine) secara gratis. Dengan tools ini kita dapat menggunakan fitur-fitur yang berada di dalamnya yang berkaitan dengan blog/website, diantaranya adalah perayapan url laman artikel, pengindeksan, dan kesehatan blog/website yang kita miliki.

Gambar ilustrasi optimasi blog

Selain itu dengan fitur yang berada di dalam google webmaster tools kita juga dapat memonitor setiap interaksi robot mesin pencari (search angine) dengan halaman blog/website yang kita miliki, setiap informasi interaksi robot mesin pencari (search angine) di sajikan secara lengkap dan dapat kita pelajari sebagai bahan evaluasi untuk melakukan optimasi blog/website atau sebagai bahan acuan untuk memperbaiki ranking halaman blog/website di mesin pencari (search angine).

Maka dari itu sangat penting bagi sobat untuk mengetahui apa saja fitur-fitur yang berada pada google webmaster tools yang bisa kita gunakan untuk optimasi blog/website agar trafiknya bisa meningkat. Jika sobat belum daftar blog/website ke google webmaster tools, sobat bisa baca Cara daftar blog ke google webmaster tools dan meverifikasi terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur-fitur yang berada di dalamnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sajikan beberapafitur yang berada di google webmaster tools dan cara penggunaannya untuk mengoptimalkan  ranking blog/website di mesin pencari (search engine) diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Submit Beberapa Sitemap.
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk mensubmit beberapa sitemaps cadangan. Karena proses pengindeksan tidak selamanya berhasil melalui satu sitemaps, sehingga apabila kita memakai beberapa sitemaps sebagai jalan yang mengarahkan spider ke halaman blog atau website yang kita miliki, robot tetap bisa mengakses dan menjelajahi blog atau wesite dengan baik walaupun jalur satu rusak. Untuk cara submit sitemaps blog ke google webmaster tools sobat bisa baca Disini.

2. International targeting.
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk menentukan target negara pengunjung blog, dengan hal ini kita dapat meningkatkan hasil penelusuran secara tertarget pada suatu negara. Sehingga artikel yang kita buat muncul di halaman utama pencarian (search engine) bisa lebih besar, karena dengan menentukan target negara pengunjung blog, secara langsung kita mempersempit area pencarian dalam persaingan. Serta secara tidak langsung meningkatkan kekuatan kata kunci yang dituju. Untuk cara menentukan target negara pengunjung blog di google webmaster tools sobat bisa baca Disini.


3. Menggunakan Fetch as Google.
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk perayapan laman situs yang kita miliki atau dirender oleh googlebot. Baik itu gambar, vidio, maupun script yang terdapat pada laman blog atau website yang kita miliki. Untuk cara menggunakan fetch as google di webmaster tools sobat bisa baca Disini.


4. Submit Artikel.
Submit artikel sendiri tidak terdapat pada fitur google webmaster tools tetapi kita bisa menggunakannya dengan link ini https://tinyurl.com/c8h8ckp yang pastinya kita sudah daftar dan melakukan verifikasi ke google webmaster tools. Dengan kita submit url/link artikel membuat artikel kita cepat terindex oleh google, usahakan setiap kali kita publish postingan baru mensubmit artikel tersebut. Karena hal ini sangat membantu terhadap kemajuan blog atau website dan membuat blog/website akan lebih mudah dikenali oleh spider google sehingga secara tidak langsung memberikan efek seo yang lebih baik. 

5. Cawl Error.
Dengan fitur ini kita dapat melihat masalah yang terjadi berupa link error (page not found 404) pada blog atau website yang kita miliki. Karena terjadinya link error (page not found 404) blog atau website kita dianggap kurang berkualitas, sehingga mempengaruhi peringkat di mesin pencari (search engine). Jadi sebaiknya kita selalu mengecek crawl errors di google webmaster tools pada blog atau website kita dan segera memperbaikinya sebelum jumlahnya terlalu banyak, karena buruk akibatnya terhadap tingkat kepercayaan mesin pencari (search engine) pada blog/website yang kita miliki. Untuk Cara menghapus crawl error di google webmaster tools sobat bisa baca Disini.

Demikianlah cara optimasi blog di google webmaster tools yang saya ketahui, yang pastinya untuk mengoptimalkan ranking blog/website di mesin pencari (search angine). Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua, karena dengan keterbatasan pengetauan yang saya miliki dari informasi yang telah saya sampaikan diatas masih banyak kesalahan dan kekurangan, saya berharap kepada sobat master untuk memberikan masukan kepada saya dan sobat yang lainnya. Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Salam blogger..
×
Berita Terbaru Update