Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara memasang tags hreflang di blog

Selasa, 21 Agustus 2018 | Agustus 21, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-08-21T17:02:37Z
kangagus_Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Cara menentukan target negara pengunjung blog di google webmaster tools, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memasang tags hreflang di blog. Tahukah sobat tag hreflang itu apa? Tag hreflang adalah salah satu meta tag yang dianjurkan oleh google webmaster tools yang berfungsi untuk mengintruksikan kepada spider bot yang mengcrawl blog/website untuk menampilkan konten/artikel pada situs kita sesuai dengan bahasa pengunjung (visitor) dalam hasil pencarian google. Dengan demikian spider bot akan secara otomatis menerjemahkan konten/artikel sesuai dengan bahasa negara pengguna berdasarkan alamat IP yang digunakan.


Gambar ilustrasi tags hreflang

Jadi, dengan kita memasang tag hreflang pada blog/website yang kita miliki membuat pengunjung (visitor) dari negara manapun dapat mengerti dan memahami seluruh konten blog/website yang kita miliki sehingga mereka merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di blog/website yang kita miliki karena bahasanya sama dengan bahasa  di daerah regional mereka saat mereka mengaksesnya. Dengan demikian otomatis mereka dapat menikmati artikel kita dan mengerti apa yang kita sampaikan karena konten yang di bacanya  sesuai dengan bahasa mereka.

Untuk tag hreflang menggunakan bahasa inggris dengan tujuan negara amerika serikat sobat bisa lihat contoh script dibawah ini.

<link rel="alternate" href="http://www.kangagus.com/" hreflang="en-us" />

Keterangan :
en adalah bahasa yang digunakan.
us adalah negara tujuan.

Untuk cara memasang tags hreflang dengan tujuan beberapa negara untuk menyesuaikan bahasa pengunjung (visitor) dalam hasil pencarian google sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara memasang tags hreflang di blog

1. Silahkan copy code script dibawah ini.

<link rel="alternate" href="http://www.kangagus.com/" hreflang="en-us" />
<link rel="alternate" href="http://www.kangagus.com/" hreflang="en-fr" />
<link rel="alternate" href="http://www.kangagus.com/" hreflang="en-ca" />

Keterangan : Gantilah www.kangagus.com dengan url blog yang sobat miliki.

2. Login ke blogger sobat.
3. Masuk ke dashboard blog, selanjutnya klik Theme/Template. Kemudian klik Edit HTML.


Gambar ilustrasi theme

4. Kemudian pastekan kode script yang sudah di copy tadi tepat di bawah kode <head>


Gambar ilustrasi  edit html

5. Setelah selesai pilih Save theme untuk menyimpannya.

Selain dengan script tags hreflang yang saya contohkan di atas, sobat juga bisa membuatnya sendiri tags hreflang menggunakan hreflang tags generator tools dengan tujuan negara sesuai keinginan sobat. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara membuat tags hreflang dengan hreflang tags generator tools

1. Silahkan buka website hreflang tags generator tools menggunakan link ini https://bit.ly/2FnNLXb.


Gambar ilustrasi hreflang tags generator tools

Keterangan :
A. Masukan url blog milik sobat.
B. Silahkan pilih bahasa yang sobat inginkan.
C. Silahkan pilih negara yang sobat inginkan.

2. Untuk menambahkan tags hreflang lagi dengan tujuan negara yang berbeda, silahkan klik + ADD AN ADDITIONAL LANGUAGE/COUNTRY URL VERSION, kemudian ulangi kembali seperti langkah nomor 1.


Gambar ilustrasi hreflang tags generator tools

3. Setelah selesai menentukan bahasa dan negara yang di tuju, pada Generate the hreflang annotations as: (Buat anotasi hreflang sebagai:). Silahkan sobat pilih Tags to include in the head area of the pages HTML, selanjutnya klik GENERATE THE HREFLANG TAGS FOR THESE URLS.


Gambar ilustrasi hreflang tags generator tools

Kemudian copy kode script tags hreflang yang sudah sobat buat dengan bahasa dan negara yang di inginkan pastekan kode tersebut tepat di bawah kode <head>. Cara pemasangannya pun sama seperti cara memasang tags hreflang di blog di atas.

Selesai, itulah tadi cara memasang tags hreflang di blog dan cara membuat tags hreflang menggunakan hreflang tags generator tools. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung di blog kangagus.
×
Berita Terbaru Update