Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara menghilangkan tanggal postingan di blog

Jumat, 31 Agustus 2018 | Agustus 31, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-08-30T17:09:37Z
kangagus_Setiap membuat postingan artikel bagi seorang blogger pastinya tanggal, bulan, dan tahun secara otomatis akan tampil pada hasil pencarian google atau SERP kapan artikel tersebut di buat dan di publikasikan, namun setelah kita teliti untuk membaca deskripsinya ada juga artikel yang tidak menampilkan tanggal, bulan, dan tahun kapan artikel tersebut di publikasikan.

Gambar ilustrasi hasil pencarian google

Ada sebagian blogger memilih untuk tidak menampilkan tanggal, bulan, dan tahun pada postingan artikel mereka, kapan artikel tersebut di buat dan di publikasikan. Dengan tidak menampilkan tanggal, bulan, dan tahun pada artikel postingan yang mereka miliki bagi seorang blogger mempunyai alasan tersendiri, alasannya adalah agar artikel yang mereka buat tidak di anggap kadaluarsa oleh pengunjung (visitor) ketika muncul di hasil pencarian google, walau tahun pembuatan artikel sangat lama (artikel lawas).

Jadi, dengan menggunakan trik ini masih besar kemungkinan artikel yang kita posting di buka atau di kunjungi oleh pengunjung (visitor) karena tanggal, bulan, dan tahun pembuatan artikelnya sudah kita hilangkan. walaupun nantinya artikel kita tidak akan di baca sampai habis ketika pengunjung (visitor) mengetahui bahwa informasi artikelnya sudah lawas, namun hal itu tidak masalah bagi pemilik blog karena dia sudah mendapatkan pengunjung (visitor) yang mengunjungi blognya.

Jika sobat blogger juga ingin menggunakan trik ini, disini pada artikel ini saya akan berikan cara menghilangkan tanggal postingan artikel di blog yang sobat miliki. Namun jika blog yang sobat miliki membahas tentang berita sebaiknya jangan di hilangkan atau di sembunyikan tanggal, bulan, dan tahun kapan artikel tersebut dibuat. Karena blog yang membahas tentang berita sifatnya hanya sementara.

Sedangkan jika blog yang sobat miliki membahas tentang tutorial (seperti ini contoh artikelnya Cara daftar blog ke google webmaster tools) akan lebih baik untuk menghilangkan atau menyembunyikan tanggal, bulan, dan tahun postingan artikel di blog yang sobat miliki. Karena jika artikel tersebut sobat buat di tahun 2013 bisa kemungkinan cara pendaftarannya di goole webmaster tool sudah berbeda di tahun ini (2018) jadi lebih baik untuk menghilangkan tanggal postingannya agar pengunjung (visitor) tidak tahu kapan artikel itu di terbitkan. Untuk menghilangkan tanggal postingan di blog sobat bisa ikuti caranya sebagai berikut.

Cara menghilangkan tanggal postingan di blog

1. Masuk ke akun blogger sobat, pada dashboard blog pilih menu layout/tata letak, kemudian pada gadget "main blog posts gadget", klik "Edit".

Gambar ilustrasi layout/tata letak blog

2. Setelah terbuka jendela confirgurasi blog posts - google chrome, pada post page options (opsi halaman posting) hilangkan tanda centang (checklist) pada format penanggalan dan format waktu. Seperti contoh gambar dibawah ini yang saya beri warna merah, selanjutnya klik save/simpan (scrool kebawah untuk menemukan tombol save/simpan).

Gambar ilustrasi  configure blog posts

Selesai, itulah tadi cara menghilangkan atau menyembunyikan tanggal postingan di blog. Dengan sobat melakukan cara di atas, berarti sobat sudah menghilangkan atau menyembunyikan tanggal yang berada di artikel blog dari hasil pencarian google. Namun untuk artikel lama tanggalnya masih akan terlihat di mesin pencari (search angine) karena mesin pencari (search angine) membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendata kembali perubahan yang baru di terapkan ke blog yang sobat miliki. Untuk melakukan pendataan membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, jadi sobat harap sabar. Sekian artikel yang saya buat semoga bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update