Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

JENIS-JENIS PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Selasa, 06 Maret 2018 | Maret 06, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-05-08T05:15:02Z
KOMPUTER_Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer_Hai sobat pengguna komputer kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis perangkat keras komputer atau sering juga dikenal dengan istilah Hardware, walaupun terdengar tidak asing lagi bagi sobat pengguna komputer. Tapi apa salahnya sih saling berbagi ilmu pengetahuan tentang dunia komputer. He he he.... Iya gak..! Didalam sebuah komputer ada beberapa komponen yang wajib terpasang, supaya komputer dapat berjalan tanpa masalah.

Selain perangkat keras ( Hardware ), komputer juga memerlukan dua unsur lagi yang wajib dipenuhi supaya komputer dapat beroprasi atau bekerja dengan baik. Diantara unsur tersebut adalah perangkat lunak ( software ) dan si pengguna komputer sendiri ( brainware ). Ketiga unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain, sehingga menghasilkan kesatuan gagasan atau pokok pikiran yang di ungkapkan dalam tiga bagian yang saling terhubung. Dan sering juga disebut sebagai Trilogi komputer.



Pengertian Perangkat Keras ( Hardware ) adalah Komponen komputer yang memiliki setruktur fisik, terlihat, berwujud, dan dapat bisa kita pegang sehingga membentuk suatu kinerja sistem komputer.

Fungsi Perangkat Keras ( Hardware ) adalah untuk  memberikan masukan ( Input ), mengolah ( memproses ), menyimpan dan menampilkan keluaran ( Output ) yang digunakan sistem untuk menjalankan perintah yang telah di program. Contoh kecilnya saja seperti  Keyboard, Mouse, dan lain sebagainya. Selain itu juga perangkat keras mencakup semua komponen Internal komputer.


                                     JENIS-JENIS PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Secara umum perangkat keras komputer dibagi menjadi 4 bagian, ke 4 bagian itu adalah :

1. Input Device : Perangkat masukan pada komputer.
2. Process Device : Perangkat untuk mengolah atau memproses pada komputer.
3. Output Device : Perangkat keluaran pada komputer.
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan data pada komputer.

Didalam ke 4 bagian itu, Saya akan jelaskan satu per satu dan contoh-contoh perangkat yang ada didalamnya, antara lain :

1. Input Device


Input Device adalah Perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer berupa teks, gambar dan program, yang diproses sehingga menghasilkan suatu informasi. Input Device merupakan bagian dari sistem komputer yang saling terhubung satu sama lain. Sehingga adanya Input Device komputer akan dapat di oprasikan dengan baik sesuai keinginan.

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Input Device adalah sebagai berikut :

A. Keyboard



Pengertian Keyboard adalah Sebagai salah satu perangkat Input komputer, dimana Keyboard berisi susunan Huruf, Angka, dan fungsi tombol yang lainnya. Meskipun bukan satu-satunya perangkat Input pada komputer, peran Keyboard sangatlah penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan perintah lainnya yang dimasukan kedalam sistem komputer melalui Keyboard. Istilah Keyboard saat ini juga tidak hanya mengacu pada papan ketik komputer, melainkan juga mengacu pada Keyboard Laptop dan Handphone. Huruf yang tersusun pada setiap Keyboard selalu sama yakni dalam susunan tombol Qwerty.

Fungsi Keyboard adalah Untuk memasukan Data atau perintah ke komputer berupa Huruf, Angka dan simbol yang diketikan pada Keyboard.
 
B. Mouse



Pengertian Mouse adalah Perangkat keras ( Hadware ) komputer yang menerima Input berupa gerakan, tekanan tombol ( Klick ), dan menggulung kedepan dan kebelakang ( Scroll ) yang dapat digunakan untuk memilih Folder, File, Teks, dan Ikon pada komputer.

Fungsi Mouse adalah Sebagai peranti penunjuk ( Pointer Device ), yakni untuk menggerakan Pointer pada layar monitor baik itu PC maupun Laptop.
Selain peranti penunjuk ( Pointer Device ), Mouse juga banyak fungsinya antara lain..

1. Untuk mengeksekusi suatu program
2. Untuk memilih Objek
3. Melakukan Drag dan Drop
4. Mendapatkan Informasi melalui Hover Mouse

C. Scanner




Pengertian Scanner adalah Perangkat masukan ( Input Device ) pada komputer, merupakan alat Elektronik yang berfungsi untuk menduplikat Objek layaknya seperti mesin fotokopy tetapi dalam  bentuk Digital. Scanner dapat menduplikat Objek tersebut menggunakan Sensor Cahaya yang terdapat didalamnya. Sensor yang terdapat pada Scanner tersebut mendeteksi Struktur, Tulisan, dan Gambar dari Objek yang di Scan lalu dikirimkan ke Komputer dalam bentuk Digital.

Jadi fungsi Scanner adalah Menduplikat Hard-Copy seperti kertas, makalah, maupun foto dalam bentuk Digital ke komputer.

D. Joystick




Pengertian Joystick adalah Perangkat masukan ( Input Device ) pada komputer, yang nampak seperti Tuas Transmisi manual pada mobil. yang dapat bergerak ke berbagai arah. Joystick dapat Mentransmisi arah sebesar 2 atau 3 Dimensi pada komputer. Perangkat ini sendiri digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan game.
   
Joystick sendiri mempunyai banyak fungsi di antaranya..
- Pelengkap untuk memainkan sebuah game yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
- Dapat di Implementasikan pada kursi roda bermotor dan juga Truk.

E. Trackball



Pengertian Trackball adalah Peranti penunjuk ( Pointing Device ) yang terdiri dari bola yang berada disebuah alat yang mempunyai sensor gerak  untuk mendeteksi rotasi bola disekitar alat tersebut.

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk menggerakan kursor pada layar monitor komputer. Bedanya, Jika ingin menggerakan pointer mouse pada layar monitor komputer diperlukan pergeseran mouse penuh pada permukaan mouse pad. Sementara pada Trackball dengan cara menggulir bola menggunakan jari tangan dengan arah yang tidak dibatasi, sesuai kehendak si penggunanya sendiri. Trackball biasanya digunakan pada komputer/Laptop karena dapat menghemat ruang gerak.

Prinsip kerja Trackball hampir sama dengan Mouse. Perbedaannya terletak pada konfigurasinya. Pada Mouse, Operator harus menggerakan seluruh badan dari Mouse tersebut. Sedangkan pada Trackball, badan dari Trackball tetap diam, tetapi jari Operatorlah yang menggerakan bola untuk menunjukan perpindahan kursor pada layar monitor komputer.

E. PC Camera ( WebCam )




WebCam atau Camera Web  adalah perangkat Input komputer, yaitu camera yang bersifat Real-Time ( waktu sebenarnya pada saat itu juga ) yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melakukan pesan cepat seperti Chat melalui Vidio ataupun bertatap muka secara langsung ( Vidio Call ). WebCam juga memiliki fungsi lain yaitu mentransfer sebuah media secara Live ( langsung ). Namun kebanyakan pengguna yang menggunakan peranti ini hanya untuk Chat Vidio dan Vidio Call.
 
2. Process Device


Process Device adalah Perangkat keras ( Hardware ) pada komputer yang berfungsi Sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukan melalui Input Device kemudian dikeluarkan melalui Output Device dalam bentuk Informasi sehingga akan diterima oleh Brainware ( Si pengguna komputer ).

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Process Device adalah sebagai berikut.

A. Processor




Processor adalah Perangkat keras yang menjadi otak yang paling utama pada komputer, yang berfungsi untuk menjalankan PC/Komputer. jadi tanpa processor komputer tidak bisa di jalankan.

Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali komputer yang didukung komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer, dan digunakan sebagai pusat/otak komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor sendiri terletak pada socket yang berada pada motherboard. untuk memilih processor harus disesuaikan dengan jenis socket dari motherboard. contoh, untuk processor intel ada socket LGA maka cari  motherboard  dengan socket LGA  dan ada processor AMD maka harus disesuaikan juga.

Merk processor pun banyak sekali jenisnya yang beredar dipasaran di antaranya Intel, AMD,Apple, Cyrix VIA, dan IDT. ada dua nama perusahaan yang sangat terkenal di dunia sebagai pengembang processor untuk PC yaitu AMD dan Intel.

Processor juga memiliki tugas untuk pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan tinggi. oleh karena itu processor menjadi sangat panas, sehingga membutuhkan kipas untuk pendingin.

B. Memory ( RAM )



RAM ( Random Access Memory ) adalah Perangkat keras pada komputer yang dapat mengakses memory secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memory uatama dalam sebuah perangkat.
   
Fungsi-fungsi RAM ( Random Access Memory ) adalah sebagai berikut.

- Sebagai penyimpan Data sementara saat suatu program sedang dijalankan.
- Membantu penggunaan  Multitasking dalam komputer.
- Mempercepat kinerja pemrosesan Informasi dari komputer.
- Memiliki fungsi yang sangat penting, untuk Gaming dan Design.
- Menentukan Spesifikasi dari suatu komputer.

C. ROM




ROM ( Read Only Memory ) adalah Perangkat keras pada komputer yang berupa Chip Memory Semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya Program atau Data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik sudah dimatikan.
Fungsi ROM ( Read Only Memory ) adalah Sebagai media penyimpanan Firmware, yaitu Software (Perangkat lunak) yang berhubungan dengan Hardware (Perangkat keras).

D. Motherboard




Motherboard adalah Hardware atau perangkat keras pada komputer, Sering juga disebut sebagai papan induk berupa PCB ( Printed Circuit Board ) yang memiliki Chipset Bios ( Program penggerak ) jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Fungsi Motherboard adalah Sebagai pusat penghubung antara perangkat keras yang satu dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, Motherboard disini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, Motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras. seperti Prosessor, RAM, VGA Card, Harddisk, Power Supply, dan perangkat pendukung lainnya.
 
E. VGA Card




VGA Card merupakan perangkat keras komputer yang berperan untuk memproses Informasi Grafis pada komputer, Sehingga mampu menghasilkan tampilan pada layar komputer. Pada umumnya komputer memiliki VGA Card yang telah Terintegrasi atau tertanam pada Motherboard atau CPU. VGA Card yang tertanam pada Motherboard biasa disebut dengan On-board Vidio. Sedangkan untuk VGA Card yang tertanam pada CPU disebut dengan Accelerated Processing Unit ( APUS ).

Fungsi VGA Card adalah untuk memproses atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan Grafis pada layar monitor. Kartu VGA ( Vidio Graphic Adapter ) berguna untuk memproses Output komputer ke monitor. VGA Card juga sering digunakan untuk menggambar,Design Graphic, dan juga digunakan untuk bermain Game.
 
F. Power Supply




Power Supply atau PSU adalah Salah satu komponen dari komputer yang memberikan arus listrik kepada komponen-komponen komputer lainnya yang telah terpasang pada motherboard atau papan  induk komputer. Dimana arus lstrik yang dihasilkan merupakan arus AC ( arus bolak-balik ), dan selanjutnya akan dirubah menjadi arus DC ( arus searah ) oleh power supply. karena pada dasarnya semua komponen yang terdapat pada perangkat komputer hanya bisa melakukan pergerakan pada satu aliran listrik. Sedangkan tujuannya adalah  agar perangkat atau komponen-komponen komputer  lainnya bisa berfungsi dengan semestinya.
 
3. Output Device


Output Device adalah Perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk mmengeluarkan hasil pemrosesan atau pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca,dilihat, dan didengar oleh si pengguna komputer ( Brainware ). Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi 4 bentuk, yaitu Tulisan, Gambar, Suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin ( Machine-readable Form ).

Contoh-contoh perangkat keras yang termasuk Output Device adalah sebagai berikut.

A. Monitor



Monitor adalah Perangkat keras komputer yang digunakan untuk alat Output ( keluaran ) pemrosesan atau pengolahan data yang ditampilkan dalam bentuk Grafis, monitor umumnya sering disebut juga sebagai layar komputer.

Fungsi Monitor adalah Sebagai alat Output ( keluaran ) pemrosesan atau pengolahan data-data berupa biner. Dan untuk menampilkan data-data berupa Grafis, supaya si pengguna komputer mengetahui apa yang sedang di oprasikan.

B. Printer



Printer brasal dari kata print ( cetak ), dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia komputer, printer termasuk perangkat peripheral output yang menyajikan representasi tulisan atau grafis pada sebuah kertas atau media semacamnya.

Fungsi printer adalah untuk mencetak. Mencetak brarti membuat tulisan atau gambar dari klise pada kertas dengan melumas klise itu dengan tinta lalu ditekan pada kertas sehingga menampilkan hasil cetakan apa yang dicetak si pengguna komputer. Contohnya seperti tulisan,gambar, dan grafik dalam kertas.

C. Proyektor




Proyektor adalah perangkat keras yang pada umumnya di gunakan untuk menampilkan Data,Video atau memproyeksikan Gambar menjadi lebih besar. Kebanyakan proyektor diarahkan pada dinding, layar, dan bidang yang sejajar atau horizontal.

Fungsi proyektor adalah alat untuk menampilkan video, gambar atau data menjadi lebih besar,dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu permukaan yang datar, seperti dinding atau layar.

D. Speaker




Speaker adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik. Dari hasil pemrosesan oleh CPU berupa Audio/Suara.

4. Storage Device




Storage Device pada sistem komputer atau sering juga disebut sebagai Secondary Storage yang berfungsi untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Contohnya, Hard Disk, FlashDisk,Compact Disk (CD ROM) dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai penyimpan data.

Demikianlah penjelasan dari saya tentang jenis-jenis perangkat keras komputer, Semoga menambah pengetahuan tentang dunia komputer bagi sobat semua. Semoga bermanfaat..?
Salam Sobat Blogger...
×
Berita Terbaru Update