Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

CARA AGAR KOMPUTER ATAU LAPTOP TERHINDAR DARI VIRUS

Kamis, 08 Februari 2018 | Februari 08, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-05-04T12:49:04Z
Komputer_Virus komputer adalah ancaman yang terbesar yang di takutkan oleh semua pengguna komputer. sudah banyak kejadian dimana program nakal membuat komputer menjadi error, kehilangan data, blue screen, bahkan bisa saja mati total. mungkin ada beberapa pengguna komputer mengalami hal tersebut. dan akhirnya pengguna komputer pun harus menginstall ulang komputernya. Namun, masih saja pengguna komputer merasa khawatir jika virus-virus tersebut datang kembali ke komputer mereka.


Tetapi bagi pengguna komputer gak usah risau dengan masalah virus. Di sini saya akan memberikan tips mengenai masalah virus. tips yang perlu di lakukan pengguna komputer adalah..

  1. Instal Program Antivirus
Meskipun windows sudah menyediakan perangkat keamanan  bawaan windows yang bernama Windows Defender atau Windows Security  Essential, saya menganjurkan untuk semua pengguna komputer tetap mengintal Antivirus dari pihak ketiga. Mengapa.....?

Karena menurut sejumlah uji, Windows Defender hanya memiliki perlindungan dari virus yang lemah. Perlindungan yang lemah mengakibatkan tertinggalnya sisa-sisa Malware ketika menjalankan Scanning.
Supaya hal itu tidak terjadi, Installah Antivirus yang gratis dan terpercaya. Jika sobat pengguna komputer belum tahu merek Antivirus yang seperti itu, Silakan lihat ulasan saya tentang Program Antivirus terbaik untuk komputer.

      2. ESET NOD32 ANTIVIRUS



Berdasarkan percobaan sistem yang di lakukan oleh PC Antivirus, ESET terbukti mampu menangani mayoritas Malware selama tes berlangsung. Malware yang diujikan pada tes ini meliputi virus, Trojan, Rogueware, Rootkit, Keylogger, Spyware, Adware, dan lain sebagainya.


Meski Eset mampu menangani Malware yang sangat berbahaya, tetapi anehnya Eset tidak menangani Malware yang sederhana, contohnya Adware. Walaupun Adware bukan merupakan Malware yang amat berbahaya bagi kinerja sistem ataupun data pribadi kita, tapi keberadaan Adware sering kali mengganggu aktivitas berselancar didunia maya.

Menurut penguji yang di lakukan Digital Citizen, Eset tidak memasang ekstensi apapun pada browser sehingga proteksi yang diberikan oleh Eset tidak memandang browser. Namun, semua sobat  pengguna komputer tak pelu khawatir, selama Eset masih terpasang di komputer sobat semua tetap aman dengan pilihan browser yang sobat pengguna komputer gunakan.

Performa Eset dalam perlindungan web juga terbilang sangat bagus. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Digital Citizen, Eset juga terbukti melakukan blokir pada situs-situs yang mencurigakan.

Masih dalam pengujian yang sama, kali ini Digital Citizen melakukan pengujian keamanan yang di berikan Eset ketika perangkat sedang terhubung  dengan media penyimpanan eksternal seperti  USB Hard Drive. ketika USB memori stick yang berisi Malware dihubungkan ke perangkat, Eset mendeteksi dan menanyakan apakah pengguna ingin melakukan scan pada memori stick tersebut. dan masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Eset.

    3. Perbarui Windows Secara Berkala

Hal lain yang tak kalah penting untuk mencegah virus komputer adalah memperbarui Windows anda secara rutin, minimal 3 atau 4 bulan sekali untuk melakukan Instalasi ulang. Microsoft secara rutin meningkatkan fitur dan keamanan operasinya. agar anda bisa menikmati peningkatan keamanan tersebut, Update-lah Windows anda berkala.

 
Bagaimana jika anda malas atau takut lupa melakukan Update.....? Mudah saja, anda tinggal nyalakan saja fitur Auto-Update di Windows Update. Dengan menyalakan Auto-Update, Windows akan memperbarui sistem operasinya setiap kali ada pembaruan dari Microsoft.

     4. Berhati-hatilah Dengan Adware ( Fake Download )

Pernahkah sobat semua sedang mencari software yang sobat ingin download. Eh... malah sobat ngeklik  seperti tombol dibawah ini.



Tapi yang muncul malah popup, seperti ini..

 Asal sobat tahu, ini adalah jebakan batman. kenapa aku bilang jebakan batman, karena ini menipu. Hehehehe.. Soalnya aku juga pernah ngalamin seperti ini. setelah aku  Download, Eh.. bukannya software yang aku dapat. akan tetapi Adware yang aku dapat.

Adware adalah sebuah program yang dirancang untuk mengiklankan produk tertentu di komputer pengguna yang dirancang perusahaan tertentu. Guna menyebarluaskan program ini, si pelaku biasanya mencantolkan program ini ke tombol Download palsu seperti kasus di atas, di mana ia akan menggunakan nama yang sama dengan judul postingan sehingga seakan-akan inilah Link Download Software tersebut, padahal bukan.


 Jadi, berhati-hatilah ketika Download Software lewat internet. Pastikan selalu men-Download Software melalui penerbit aslinya.

   5. Instal Chrom, Firefox, atau Edge

Berdasarkan tes yang dilakukan beberapa  Web Otoritas Techradar, TechAdvisor, DigitalTrend, dan Top TenReviews, hanya tiga Browser yang benar-benar lolos dari uji coba keamanan virus: Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.


Ketiga Browser tersebut ampuh dalam mencegah Virus untuk masuk kedalam komputer. tidak hanya itu, ketiganya mempunyai fitur Scanning dan Virus Dection untuk berkas-berkas yang sobat Download dari Internet.


Jadi, pastikan salah satu Browser tersebutlah yang sobat pakai di komputer sobat.

   6. Aktifkan Fitur Firewall Pada Windows

Sobat pengguna komputer, tentunya sobat sering mendengar istilah Firewall. Namun apa itu Firewall....? Mengapa harus menyalakan  Firewall...?

Seperti namanya, Firewall di ibaratkan sebuah tembok yang melindungi sobat dari berbagai serangan luar yang hendak memasuki jaringan dan komputer sobat. Jaringan lain yang tidak memiliki izin  akses, lantas berusaha masuk ke komputer ataupun ke jaringan sobat akan di blokir seketika dan ditolak.
Hal ini penting, jika Firewall dimatikan. maka komputer dan jaringan lain yang terhubung akan mudah masuk dan pastinya bahaya bagi data-data sobat. dan yang paling menakutkan, komputer sobat bisa terkena virus dan berkas-berkas komputer sobat bisa hilang.
Pastikan komputer sobat terlindungi Firewall. untuk mengetahuinya, silakan tekan CTRL+ R pada  Keyboard sobat.

Pada jendela Run akan muncul, dan masukan "Firewall.cpl".

Pastikan "Windows Firewall State" di opsi On. jika sobat mendapati Off, silakan Switch ke On.



Itulah beberapa tips agar komputer kita terhindar dari serangan virus da malware.
Jika sobat mempunyai tips yang lain, dapat sobat tambahkan ke kolom komentar.

Semoga bermanfaat..
Salam Blogger..
×
Berita Terbaru Update