Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PENGERTIAN POWER SUPPLY, FUNGSI POWER SUPPLY, DAN CARA KERJANYA

Selasa, 13 Februari 2018 | Februari 13, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-05-04T14:31:32Z
Komputer_Power Supply atau PSU adalah salah satu dari komponen komputer yang memberikan arus listrik kepada komponen-komponen komputer lainnya yang telah terpasang pada motherboard atau papan induk komputer. Dimana arus listrik yang di hasilkan merupakan arus AC atau arus bolak-balik, dan selanjutnya akan di rubah menjadi arus DC atau arus searah oleh Power Supply. karena pada dasarnya semua komponen yang terdapat pada perangkat komputer hanya bisa melakukan pergerakan pada satu aliran listrik. sedangkan tujuannya adalah agar perangkat  atau komponen-komponen komputer lainnya bisa berfungsi dengan baik.


Dalam casing power supply terdapat kipas, yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang ada dalam casing power supply. Di samping jendela kipas, juga terdapat sebuah port male jenis IEC 60320 C14 yang berfungsi sebagai penghubung antar power supply  dengan sumber tegangan listrik.

                                Jenis-Jenis Konektor pada Power Supply dan Fungsinya

1.  ATX Power Connector 20 pin dan 4 pin


Konektor ATX 20 + 4 pin  digunakan untuk menghubungkan power supply ke motherboard.                Kegunaan sendiri adalah untuk memberi daya langsung ke motherboard. Namun konektor                  ATX   20 + 4 pin ini hanya cocok untuk jenis motherboard versi yang baru. Biasanya untuk                  motherboard versi yang lama menggunakan konektor yang berjumlah 20 pin. Antara konektor          20 pin dan 24 pin tidak ada bedanya. Sebenernya konektor 24 pin ini merupakan konektor 20              pin, yang ditambah dengan konektor 4 pin. Keduanya ini bisa digabungkan  dan di lepas, untuk          menyesuaikan  keadaan pada motherboard.

2ATX 4 pin Connector

Fungsi dari ATX 4 pin Connector adalah Sebagai pemberi daya untuk processor. Konektor ini sudah mulai dipakai sejak processor kelas pentium IV, hingga terbaru saat ini. Jadi pada pentium IV kebawah, konektor ini tidak digunakan lagi.

3. 4 pin Peripherial Power Connector/Molex Connector

Fungsi dari 4 pin Peripherial Power Connector/Molex Connector adalah Sebagai perantara untuk  memberi daya dari Power Supply ke hardware yang menggunakan port IDE. Seperti Harddisk port IDE, dan CD/DVD ROM port IDE, dan Kipas Casing.

4. SATA Power Connector






Fungsi dari SATA Power Connector adalah Sebagai perantara untuk memberi daya dari Power Supply ke hardware yang menggunakan port SATA. seperti Harddisk SATA, dan CD/DVD ROM  SATA. konektor ini memiliki 3 tegangan +3,3V, +5V, dan +12V.

5. Floppy Drive Connector/Berg Connector






Fungsi dari SATA Power Connector adalah Sebagai perantara untuk memberi daya dari Power Supply ke Floppy Drive Connector/Berg Connector adalah konektor yang berukuran kecil. konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau External Audio Card. warna yang digunakan sama dengan molek konektor, yaitu warna kuning +12V, merah +5V, dan hitam 0V atau Ground. Penggunaan konektor ini sangat jarang, maka dari itu setiap PSU hanya berjumlah 1 atau 2.
 
6. 6 pin PCI_E Connector





     
Konektor 6 pin PCI_E Connector Sangat jarang ditemukan untuk semua PC. Biasanya pengguna komputer yang menggunakan konektor ini adalah pengguna komputer yang bekerja dibidang Multimedia khususnya Vidio. Konektor ini hanya digunakan sebagai penambah daya untuk Vidio  Card yang menggunakan Slot PCI Express. Jika kita menggunakan Vidio Card jenis ini, tentu saja kita harus memiliki PSU yang mendukung konektor ini.

Dalam setiap warna kabel yang terdapat pada power supply pun berbeda-beda warnanya, karena setiap kabel mempunyai daya dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah nilai daya dari setiap masing-masing warna :

  • Merah : +5 Volt
  • Kuning : +12 Volt
  • Orange : +3,3 Volt  untuk RAM dan Slot PCI
  • Ungu : +5 Volt sebagai power standby untuk motherboard
  • Putih : -5 Volt
  • Biru : -12 Volt

Inilah sedikit ulasan dari saya tentang power supply  dan jenis-jenis konektor power supply. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat semua dalam dunia komputer mengenai power supply.

=> Salam Sobat Blogger.....

×
Berita Terbaru Update