Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Submit Sitemaps Blog ke Google Webmaster Tools

Rabu, 01 Agustus 2018 | Agustus 01, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-10-23T17:54:38Z
Sitemaps (peta situs) adalah sebuah file yang berformatkan xml yang menjelaskan tentang struktur url blog atau website yang kita miliki. Sitemaps (peta situs) merupakan sebuah fitur yang berada didalam google webmaster tools, jadi sebelum menggunakan fitur ini kita di haruskan dengan Cara daftar blog ke google webmaster tools dan meverifikasi terlebih dahulu agar bisa mensubmit sitemaps blog ke mesin pencari (search angine).

Gambar ilustrasi submit sitemap ke google webmaster tools

Dengan kita mensubmit beberapa sitemaps (peta situs) blog atau website secara manual ke google webmaster tools sangatlah penting dilakukan untuk mengetahui informasi yang mengenai tentang link/url blog atau website yang kita kelola, selain itu link/url halaman artikel yang berada di blog atau website yang kita miliki lebih mudah di crawl dan dijelajahi oleh robot mesin pencari (search angine) sehingga lebih cepat terindeks oleh google.
Artikel terkait : Cara menggunakan fetch as google di webmaster tools
Namun untuk blog atau situs dengan flatform blogspot tidak perlu melakukan submit sitemaps secara manual, karena blogspot sudah melakukan generate dan mengupdate sitemaps secara otomatis setiap kali kita selesai posting artikel. Untuk blog atau situs berflatform blogspot kita bisa melihat sitemaps blog dengan mengakses halaman pada kotak mesin pencari (search angine), silahkan isi nama domain sesuai blog milik sobat, seperti contoh gambar dibawah ini. Silahkan didownload untuk melihat strukturnya.


Gambar ilustrasi nama domain

Untuk kita ketahui bahwa seandainya kita tidak melakukan submit sitemaps, robot search angine akan tetap bisa mengindeks blog atau website yang kita miliki tapi membutuhkan waktu yang cukup lama, karena robot search angine akan melakukan crawl dan menjelajahi blog atau website kita perhalaman. Bayangkan saja apabila kita memiliki puluhan artikel bahkan sampai ratusan, ini akan sangat sulit untuk robot search angine melakukan crawl dan menjelajahi sampai mengindeks blog atau website yang kita miliki.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mensubmit sitemaps blog ke google webmaster tools kepada sobat yang ingin mensubmit sitemaps blognya yang tujuannya adalah agar blog atau website kita miliki lebih mudah di crawl dan dijelajahi oleh robot mesin pencari (search angine) sehingga lebih cepat terindeks oleh google. Untuk caranya obat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara submit sitemap blog ke google webmaster tools

1. Silahkan login ke akun google search console atau google webmaster tools lebih mudahnya sobat bisa login dengan link ini https://is.gd/TFdSIC.

2. Setelah masuk ke google search console, klik URL Blog atau pilih ADD A PROPERTY kemudian masukkan URL Blog yang akan submit sitemapsnya.

Gambar ilustrasi search console

3. Kemudian pada dashboard  google search console webmaster tools klik Crawl, lalu pilih Sitemaps.

Gambar ilustrasi dashboard search console

4. Selanjutnya silahkan buka link ini https://tinyurl.com/ybejrmxm untuk membuka file xml sitemapsnya. Seperti contoh gambar dibawah ini.


Gambar ilustrasi file xml sitemap


5. Kemudian pada sitemaps klik ADD/TEST SITEMAP di pojok kanan atas. Selanjutnya pastekan file xml sitemap satu persatu pada kolom, seperti gambar dibawah ini No 2 kemudian klik Submit. Setelah melakukan submit maka sobat akan melihat tampilan yang menyuruh untuk merefresh halaman, klik saja tulisan refresh the page untuk merefreshnya. Lakukan satu persatu sampai selesai.

Gambar ilustrasi ADD/TEST SITEMAP

Selesai, itulah tadi cara submit sitemaps blog ke google webmaster tools. Dengan melakukan langkah-langkah diatas, blog yang sobat miliki sudah selesai mensubmit sitemaps ke google webmaster tools. Jika sobat melakukannya dengan benar, maka blog dan artikel yang sobat posting akan muncul di halaman pencarian google. Selamat mencoba ya sob, semoga bermanfaat.
×
Berita Terbaru Update