Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Mendaftar dan Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools

Kamis, 19 Juli 2018 | Juli 19, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-11-12T18:06:45Z
Google webmaster tools merupakan alat yang disediakan oleh google secara gratis untuk membantu mengoptimalkan blog atau website yang kita miliki agar terindeks dengan cepat di halaman mesin pencari (search engine). Sebenarnya tanpa mendaftar ke google webmaster tools google pun akan melakukan pengindeksan ke semua situs yang ada di internet termasuk blog atau website yang kita miliki. Namun waktu yang dibutuhkan untuk pengindeksan mulai dari kita publish artikel ke website sampai dengan masuk indeks google membutuhkan waktu yang cukup lama.

Contoh gambar webmaster tools

Berbeda halnya dengan kita mendaftarkan dan memverifikasi blog atau website yang kita miliki ke google webmaster tools. Didalam google webmaster tools kita dapat menggunakan fitur-fitur yang berada di dashboard untuk mempercepat pengindeksan, selain itu juga kita dapat memonitor blog atau website yang kita miliki tentang informasi perkembangan blog sudah berapa url artikel yang terindeks oleh google, serta informasi pemberitahuan masalah-masalah blog atau website yang kita miliki.

Ada beberapa fitur di dalam google webmaster tools yang saya ketahui bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan blog atau website yang kita miliki diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Submit sitemaps 
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk mensubmit beberapa sitemaps cadangan. Karena proses pengindeksan tidak selamanya berhasil melalui satu sitemaps, sehingga apabila kita memakai beberapa sitemaps sebagai jalan yang mengarahkan spider ke halaman blog atau website yang kita miliki, robot tetap bisa mengakses dan menjelajahi blog atau wesite dengan baik walaupun jalur satu rusak.

2. International targeting 
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk menentukan target negara pengunjung blog, dengan hal ini kita dapat meningkatkan hasil penelusuran secara tertarget pada suatu negara. Sehingga artikel yang kita buat muncul di halaman utama pencarian (search engine) bisa lebih besar, karena dengan menentukan target negara pengunjung blog, secara langsung kita mempersempit area pencarian dalam persaingan. Serta secara tidak langsung meningkatkan kekuatan kata kunci yang dituju.

3. Fetch as Google 
Dengan fitur ini kita dapat menggunakan untuk perayapan laman situs yang kita miliki atau dirender oleh googlebot. Baik itu gambar, vidio, maupun script yang terdapat pada laman blog atau website yang kita miliki.

4. Crawl Errors 
Dengan fitur ini kita dapat melihat masalah yang terjadi berupa link error (page not found 404) pada blog atau website yang kita miliki. Karena terjadinya link error (page not found 404) blog atau website kita dianggap kurang berkualitas, sehingga mempengaruhi peringkat di mesin pencari (search engine). Jadi sebaiknya kita selalu mengecek crawl errors di google webmaster tools pada blog atau website kita dan segera memperbaikinya sebelum jumlahnya terlalu banyak, karena buruk akibatnya terhadap tingkat kepercayaan mesin pencari (search engine) pada blog atau website milik kita.

5. Submit artikel
Submit artikel sendiri tidak terdapat pada fitur google webmaster tools tetapi kita bisa menggunakannya dengan link ini https://tinyurl.com/c8h8ckp yang pastinya kita sudah daftar dan melakukan verifikasi ke google webmaster tools. Dengan kita mensubmit artikel membuat artikel kita cepat terindex oleh google, usahakan setiap kali kita membuat postingan baru mensubmit artikel tersebut. Karena hal ini sangat membantu terhadap kemajuan blog atau website dan membuat blog atau website akan lebih mudah dikenali oleh spider google sehingga secara tidak langsung memberikan efek seo yang lebih baik. 

Itulah beberapa fitur yang bisa kita gunakan didalam google webmaster tools, agar bisa menggunakan fitur-fitur tersebut pastinya kita harus daftar dan verifikasi terlebih dahulu. Untuk mendaftar ke google webmaster tools, sobat bisa ikuti langkah-langkannya sebagai berikut.

CARA DAFTAR BLOG KE GOOGLE WEBMASTER TOOLS

1. Silahkan masuk ke alamat google webmaster tools dengan link ini https://tinyurl.com/ncjutl kemudian masukan akun email (gmail) beserta passwordnya seperti contoh gambar dibawah ini, selanjutnya klik NEXT untuk masuk langkah berikutnya.


Ilustrasi gambar daftar google webmaster tools

2. Setelah masuk ke halaman utama google webmaster tools, silahkan masukan URL blog sobat kemudian klik ADD A PROPERTY. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar daftar blog ke google webmaster tools

3. Selanjutnya akan muncul halaman verifikasi, pada tab pilih Alternate methods kemudian pilih HTML tag. Selanjutnya copy HTML tersebut. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar HTML tag

4. Setelah di copy kodenya. Selanjutnya masuk ke dashboard blog, pilih menu Theme/Template. Kemudian klik Edit HTML. Pada halaman verifikasi jangan di close dulu, untuk verifikasi setelah kode di terpasang pada template blog sobat.

Ilustrasi gambar Edit HTML

5. Kemudian pastekan kode yang sudah di copy tadi dibawah tag <Head>, seperti gambar dibawah ini. Setelah di pastekan  kemudian klik Save Theme untuk menyimpannya.

Ilustrasi gambar HTML

6. Selanjutnya silahkan sobat kembali ke halaman Verifikasi tadi, kemudian klik VERIFY.


Ilustrasi gambar HTML tag

7. Maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini mengenai pemberitahuan bahwa blog sobat sudah berhasil melakukan verifikasi.

Gambar ilustrasi sukses verifikasi

Selesai, itulah tadi cara daftar dan verifikasi blog ke google webmaster tools. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi sobat semua, selamat mencoba ya sob semoga berhasil.
Salam blogger.
×
Berita Terbaru Update