Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Submit Sitemap/Peta situs Blog ke Yandex Webmaster Tools

Rabu, 21 November 2018 | November 21, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-11-20T19:13:18Z
Sitemap (peta situs) adalah sebuah file yang berformatkan xml yang menjelaskan (menginformasikan) tentang struktur url blog atau website yang kita miliki kepada mesin pencari (search angine). Hal ini sangat membantu untuk menavigasi situs dengan mudah dan memahami pentingnya halaman tertentu dibandingkan dengan seluruh situs. Ada dua jenis sitemap (peta situs), yang pertama sitemap (peta situs) yang berformatkan HTML dan yang kedua adalah sitemap (peta situs) yang berformatkan XML. Sitemap (peta situs) HTML adalah halaman web sederhana yang dimaksutkan untuk pemandu pengguna manusia, sedangkan sitemap (peta situs) XML adalah untuk memberitahu atau membimbing perayapan mesin pencari (search angine) kepada blog atau website yang kita miliki.

Contoh gambar ilustrasi yandex webmaster tools

Untuk melengkapi artikel yang sebelumnya, disini saya akan memberikan tentang cara submit sitemap atau peta situs blog ke yandex webmaster tools melalui akun yandex. Hal ini tidak jauh beda dengan cara submit sitemaps blog ke google webmaster tools.

Yandex webmaster tools hanya dapat mengirimkan sitemap atau peta situs mereka ke mesin pencari yandex hanya melalui akun yandex. Jadi, jika sobat belum membuat akun yandex. Sobat bisa baca cara membuat email di yandex mail.

Setelah selesai membuat akun yandex di yandex mail, sobat bisa langsung memverifikasinya dengan cara verifikasi blog ke yandex webmaster tools. Untuk submit sitemap/peta situs blog/website ke yandex webmaster tools, sobat bisa ikuti langkahnya sebagai berikut.

Pada dashboard yandex webmaster pilih/klik menu Indexing lalu pilih Sitemap files, selanjutnya pada kolom Add Sitemap file masukan URL sitemap/peta situs berformatkan XML. Pastikan untuk mengirimkan versi http:// atau https:// pada alamat URL blog atau website yang sobat miliki. Sebagai contoh dengan format https://nama blog sobat/sitemap.xml kemudian klik Add.

Contoh gambar ilustrasi submit sitemap di yandex webmaster tools

Setelah dikirim, sobat akan melihat status sebagai Processing queue (memproses antrian). Mungkin diperlukan beberapa hari bagi bot yandex untuk merayapi peta situs sobat dan kemudian statusnya akan diubah menjadi OK.

Untuk menghapus dan mengirim kembali peta situs terbaru.
Yandex webmaster tidak memberikan opsi untuk mengirimkan kembali peta situs, maka untuk mengirimkan peta situs baru, sobat harus terlebih dahulu menghapus yang sudah ada dan kemudian mengirimkan peta situs yang baru. Sobat dapat menghapus peta situs kapan saja dengan mengklik tombol "X" di samping peta situs. Diperlukan waktu hingga dua minggu bagi yandex untuk memproses versi baru  peta situs sobat.

Untuk memeriksa peta situs blog atau website yang sobat miliki sebelum melakukan pengiriman, apakah robot yandex dapat mengakses peta situs yang akan dikirim. Sobat dapat mengeceknya terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut.

Pada dashboard yandex webmaster pilih/klik menu Tools lalu pilih Sitemap validator, selanjutnya pada sitemap validator pada tab pilih URL, kemudian masukan sitemap atau peta situs xml pada kolom yang telah disediakan, setelah itu klik Check untuk mendapatkan hasil validasi.

Contoh gambar ilustrasi sitemap validasi

Selesai, demikianlah cara submit sitemap/peta situs blog ke yandex webmaster tools dan cara mengeceknya sebelum melakukan pengiriman agar tahu apakah robot yandex dapat mengakses peta situs yang akan dikirim. Semoga apa yang telah saya sampaikan diatas dapat dipahami oleh sobat semua, semoga bermanfaat ya sob, terima kasih sudah berkunjung di blog kangagus.
×
Berita Terbaru Update