Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Membuat Privacy Policy di Blog

Jumat, 09 November 2018 | November 09, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-11-08T18:52:55Z
Pada artikel yang sebelumnya, saya telah membahas tentang cara membuat disclaimer di blog. Untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial kepada sobat semua cara membuat privacy policy di blog. Berbicara tentang privacy policy, tahukah sobat privacy policy pada blog atau website. Sebelum kita menuju ke pokok pembahasan tentang cara membuat Privacy policy untuk blog atau website, disini saya akan jelaskan sedikit tentang privacy policy agar kita tahu tentang privacy policy pada blog atau website itu.

Contoh gambar ilustrasi privacy policy

Privacy policy adalah Dokumen (Halaman) yang menjelaskan kepada pengunjung blog atau website yang kita miliki, tentang bagaimana kita mengelola informasi pribadi yang dikumpulkan dan dicatat yang kita dapat dari mereka (pengunjung). Atau dengan kata lain privacy policy merupakan kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah blog atau website yang telah dibuat oleh pemilik (pembuat situs itu sendiri). Hal ini dilakukan oleh para pemilik blog atau website sebagai syarat untuk menggeluti dunia bisnis online. Bahkan hal ini sangat disyaratkan oleh google untuk diletakkan dihalaman blog atau website yang kita miliki.

Dengan adanya privacy policy di dalam blog atau website yang kita kelola, maka secara tidak langsung situs tersebut akan terlihat lebih profesional. Bahkan google adsense serta juga situs periklanan lainnya membutuhkan adanya halaman ini untuk memperkuat peninjauan supaya jauh lebih meyakinkan.

Isi dari privacy policy itu sendiri adalah Log File, Cokies and Web Beacons, DoubleClik DART Cokies, Our Advertising Partners, Third Party Privacy Policies, Children's Information, Online Privacy Policy Only, dan kebijakan privacy lainnya yang dibuat oleh pemilik situs tersebut yang berbeda namun dengan tujuan yang sama dari para pemilik blog atau website itu sendiri.

Sebagai contoh, sobat dapat melihat privacy policy yang berada dihalaman blog kangagus ini tepatnya dibawah (footer). Untuk cara membuat privacy policy di blog atau website yang sobat miliki, sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

CARA MEMBUAT PRIVACY POLICY DI BLOG

1. Silahkan sobat buka terlebih dahulu Situs Privacy Policy Online menggunakan link ini https://tinyurl.com/y8lxj3lj

2. Setelah berada di halaman situs Privacy Policy Online, silahkan isi formulir yang disediakan sesuai identitas blog sobat. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini dan keterangannya.

Contoh gambar ilustrasi halaman privacy policy

Keterangan gambar diatas:

Your Site Information and Contact (informasi dan kontak situs anda)

a. Your Site Title : Isilah dengan nama blog atau website sobat.
b. Your Site URL : Isilah dengan alamat URL blog atau website sobat.
c. Contact Link : Isilah dengan Link/Tautan laman contact us sobat. Sebagai contoh sobat bisa melihat kontak kangagus disini. Jika sobat belum membuat contact us pada blog yang sobat miliki, sobat bisa baca cara membuat contact us berwarna di blog.
d. Email Address : Isilah dengan alamat email untuk menghubungi sobat.
e. Email Encryption : Pilihlah Encryption Email with HTML.

Selanjutnya pada bagian Advertisers on your site (Pengiklan di situs anda), silahkan pilih layanan iklan yang akan diikuti oleh sobat, Setelah semuanya diisi dengan benar, silahkan sobat klik Generate Policy.

3. Setelah sobat klik Generate Policy akan terbuka tab baru pada browser, itu adalah Privacy Policy yang telah sobat buat. Sobat pun bisa meng_Copy_nya langsung dan memasangnya pada halaman baru di blog yang sobat miliki. Namun menurut saya lebih baik meng_Copy_nya dalam bentuk HTML agar semua element tercover. Untuk mengubahnya ke HTML, lihatlah dibagian bawah pojok kiri terdapat tombol Generate HTML for this page (Hasilkan HTML untuk halaman ini), kliklah tombol tersebut.

Contoh gambar ilustrasi privacy policy untuk kangagus.com

4. Setelah sobat klik tombol Generate HTML for this page (Hasilkan HTML untuk halaman ini), hasilnya pun seperti gambar kode HTML dibawah ini. Silahkan sobat klik Highlight Text dibawah pojok kiri kode HTML untuk mengeblok kode HTML tersebut. Selanjutnya silahkan sobat Copy kode tersebut.

Contoh gambar ilustrasi kode HTML privacy policy

5. Selanjutnya untuk memasangnya di blog, buatlah halaman untuk Privacy policy dengan cara..? Masuk ke Dashboard Blog. Pilih/klik Halaman, kemudian klik Halaman baru.

Contoh gambar ilustrasi halaman dashboard blog

6. Setelah berada di halaman baru, berilah judul pada halaman tersebut dengan nama Privacy policy. Selanjutnya pada menu icon pilih/klik icon HTML, pastekan kode HTML Privacy policy yang telah di Copy tadi kedalam halamannya. Setelah itu tinggal klik Publish.


Contoh gambar ilustrasi halaman baru untuk privacy policy

Selesai, demikianlah cara membuat privacy policy di blog cukup mudah bukan. Untuk menghubungkan halaman statis Privacy policy yang telah sobat buat dengan halaman blog yang sobat miliki, sobat bisa baca cara menghubungkan menu navigasi dengan link contact. Caranya sama saja menghubungkan halaman statis link/tautan contact dengan halaman statis link/tautan privacy policy ke halaman blog. Semoga apa yang telah saya sampaikan diatas dapat di pahami dan di mengerti oleh sobat semua dan bermanfaat. Selamat mencoba ya sob, semoga berhasil. Terimakasih ya sob, telah berkunjung di blog kangagus ini.
×
Berita Terbaru Update