Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Membuat Link Untuk Mengaitkan Artikel di Blogger

Jumat, 28 September 2018 | September 28, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2019-01-01T18:59:53Z
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara membuat link di blogger untuk mengaitkan halaman artikel satu dengan halaman artikel yang lain. Setiap halaman artikel pada blogger pastinya memiliki tautan atau juga bisa disebut dengan link. Link ini berfungsi untuk menautkan atau mengaitkan antara halaman artikel satu dengan halaman artikel yang lain dengan perantara teks, gambar maupun tombol. Pada dasarnya link hanya sebuah tautan, yang membedakannya adalah halaman yang di tuju.


Gambar ilustrasi pengaitan halaman artikel

Berdasarkan arah dan tujuannya, link atau tautan  terdiri dari dua jenis yaitu Internal Link dan Exsternal Link.

1. Internal Link adalah link yang digunakan untuk menghubungkan halaman artikel yang satu dengan halaman artikel yang lain, namun masih berada didalam satu blog.

Contohnya adalah seperti ini : Cara Install Ayat Al-Qur'an Digital pada Windows 7,8, dan 10, yang mana masih dalam satu blog ini.

Fungsi dari Internal link ini adalah untuk memudahkan pengunjung terus menjelajahi sebuah blog lebih dalam, karena dengan adanya Internal Link, berarti semakin besar peluang untuk terbukanya halaman-halaman blog yang kita miliki.

2. Exsternal Link adalah link yang digunakan untuk menghubungkan halaman artikel yang satu dengan halaman artikel yang lain, namun sudah berbeda blog yang kita miliki atau berada di blog lain.

Contohnya adalah seperti ini : Tutorial cara menginstall microsoft office di laptop atau komputer, yang mana sudah berbeda halaman blog dengan yang saya miliki.

Fungsi External link ini adalah untuk memudahkan pengunjung dalam mengakses sebuah blog lain yang masih ada hubungannya tentang pembahasan dengan artikel yang berada pada blog tersebut, atau External link itu bisa disebut dengan backlink gratis dari blog kita ke blog lain.

Itulah ulasan sedikit dari saya perbedaan antara Internal link dengan External link bagi sobat yang perlu diketahui. Untuk cara membuat link di blog untuk mengaitkan halaman artikel satu dengan halaman artikel yang lain, sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

CARA MEMBUAT LINK ATAU TAUTAN DENGAN MENGGUNAKAN ICON LINK 

A. Carilah/pilih artikel yang sudah sobat publish yang akan dikaitkan dengan artikel yang sedang sobat buat. Copy alamat link artikel tersebut.

Gambar ilustrasi halaman artikel

B. Selanjutnya masuk ke halaman artikel yang sedang sobat buat.

Gambar ilustrasi Edit Link

1. Bloklah Kalimat/Judul yang telah sobat buat dari artikel yang telah sobat Copy alamat linknya di dalam halaman artikel yang sedang sobat buat.

2. Selanjutnya klik icon Link pada toolbar.

3. Setelah jendela Edit Link terbuka, silahkan pastekan alamat link dari artikel yang telah sobat Copy ke kolom Web address.

4. Selanjutnya beri tanda ceklis di kotak kecil pada Open this link in a new windows (buka tautan ini di jendela baru).

➥ Berilah tanda ceklis di kotak kecil pada Open this link in a new windows, jika halaman artikel  yang dituju masih dalam satu blog.
➥ Berilah tanda ceklis di kotak kecil pada Add 'rel=nofolow attribute, jika halaman artikel yang dituju berada pada blog yang lain bukan blog milik kita.

5. Kemudian klik OK untuk menyimpannya.

CARA MEMBUAT LINK ATAU TAUTAN DENGAN MENGGUNAKAN KODE HTML

Membuat link atau tautan dengan menggunakan kode HTML menurut saya sangat simpel untuk dilakukan. Bagi sobat yang ingin membuatnya untuk mengaitkan halaman artikel satu dengan halaman artikel lain yang masih dalam satu blog, disini saya akan memberikan contoh dari artikel yang saya miliki yang berjudul Cara membuat link download  dengan google drive untuk blog, untuk caranya sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Carilah/pilih artikel yang sudah sobat publish yang akan dikaitkan dengan artikel yang sedang sobat buat. Copy alamat link artikel tersebut.

Gambar ilustrasi halaman artikel

Inilah alamat link dari artikel yang telah saya Copy.

http://www.kangagus.com/2018/09/cara-membuat-link-download-dengan.html

2. Selanjutnya untuk pemasangan atau mengaitkan halaman artikel tersebut, masuklah ke halaman artikel yang sedang sobat buat. Kemudian klik HTML.

Gambar ilustrasi halaman membuat artikel

3. Setelah berada di halaman HTML, masukkanlah kode berikut ini.

<a href="http://www.kangagus.com/2018/09/cara-membuat-link-download-dengan.html">Cara membuat link download  dengan google drive untuk blog</a>

Keterangan:

A. Alamat link yang berwarna biru, adalah alamat yang di tuju dari sebuah artikel yang dikaitkan. Gantilah alamat link tersebut dengan alamat link artikel yang sobat miliki.

B. Sedangkan judul artikel yang berwarna merah, adalah judul artikel yang akan ditampilkan pada lembar postingan artikel. Gantilah judul artikel tersebut dengan judul artikel yang sobat miliki.

4. Setelah selesai memasukkan kode diatas dengan menggunakan alamat link dan judul artikel yang sobat miliki ke dalam halaman HTML, selanjutnya klik icon Compose untuk kembali ke halaman artikel yang sedang sobat buat dan melihat hasilnya.

5. Seperti link di bawah inilah hasilnya.

Cara membuat link download dengan google drive untuk blog

Selesai, itulah tadi cara membuat link di blog untuk mengaitkan halaman artikel satu dengan halaman artikel yang lainnya. Sobat bisa menggunakan cara ke satu atau juga cara yang ke dua terserah sobat, semoga bermanfaat ya sob, selamat mencoba, semoga berhasil.
×
Berita Terbaru Update